Posted inOpini

Indonesia 78 Tahun

Spread the love

Iya, Indonesia pada 17 Agustus 2023 sedang ulang tahun kemerdekaannya yang ke 78. Sebuah angka yang sudah tidak bisa dibilang sedikit bila dikonotasikan dengan umur manusia. Tentu bila itu umur manusia artinya sudah jompo. Organ-organ manusia umur 78 tentu sudah banyak yang ngelokro, ada beberapa organ yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya, dan itu wajar.

Menilik angka 78 bila dibaca dari sudut pandang eksentrik akan kita temukan makna angka tujuh yang akan terjadi berulang-ulang atau terus menerus. Sekarang apa makna angka 7 (tujuh) tersebut? Dalam pandangan positif angka tujuh dalam berbagai kebudayaan dunia mayoritas menganggap dan mempercayai sebagai angka yang membawa keberuntungan. Banyak juga yang memaknai bahwa angka tujuh memiliki energi intuisi yang tinggi, beberapa orang menghubungkan dengan tingkat spiritual yang lebih tajam. Dan juga ada keterkaitan dengan agama-agama yang ada di dunia. Bagi seseorang yang cenderung terikat dengan angka tujuh, pada umumnya mempunyai naluri yang lebih kritis dalam memandang banyak hal. Sehingga orang itu bisa dibilang lebih tajam intuisinya dan juga memiliki ambisi untuk meraih segala keinginannya sampai puncak tertinggi. Dan bila digabung dengan angka 8 (delapan) yang memiliki makna berulang-ulang atau terus menerus tanpa batas, bisa kita bayangkan, akan seperti apa kolaborasi angka 7 dan 8 itu.
Namun bila angka 78 dibaca dari sudut pandang negative, angka tujuh memuat nuansa percepatan, kekerasan, kekasaran serta keganasan. Pada sisi tertentu angka tujuh sangat mendukung bagi mereka yang suka mengejar ambisi besar dengan segala cara. Karena energi angka tujuh selain membuat seseorang mampu berfikir cepat juga daya juangnya memang lebih tangguh, hanya kurang sabar, sehingga cenderung keras, kasar, dan ganas. Tidak sedikit yang terjungkal karena kurang perhitungan. Dampaknya bisa mengahncurkan seluruh hidupnya terpuruk dalam jurang keputusasaan yang tak bertepi.

Kembali pada Indonesia yang sudah mencapai angka 78. Dan mari kita coba lihat perkembangan saat ini, saat angka 78 mulai berjalan di seluruh pelosok Indonesia. Sudah jelas sebentar lagi akan digelar pemilu yang mana agenda itu merupakan sarana unjuk kekuatan seluruh golongan dan kelompok dalam bentuk partai yang akan bertarung memperebutkan kursi kekuasaan. Energi angka tujuh akan mendorong masing-masing kelompok menggunakan segala cara ditunjang angka delapan yang membuat mereka makin sempurna dalam mengimplementasikan teknis perjuangannya untuk memperoleh posisi tertinggi di negeri ini.

Lalu kemana rakyat Indonesia? Sebagian besar akan terhasut dan hanyut dalam kancah permainan politik atas nama perjuangan membangun Bangsa dan Negara. Sehingga sulit membedakan mana yang benar dan mana yang salah, karena semua pihak merasa benar. Kemudian sebagian rakyat Indonesia lainnya akan menjauhi segala pernak-pernik permainan politik, menyingkir dan disingkirkan, lalu mati dibalik ramainya pesta demokrasi.