Posted inArtikel / Opini

Eling Dan Waspada Untuk Indonesia

Spread the love

Tiap tahun bangsa Indonesia memperingati hari kemerdekaan di Bulan Agustus, tepatnya tanggal 17. Namun sampai sekarang hampir bisa dipastikan bahwa bangsa Indonesia belum merasakan makna kemerdekaan itu yang seperti apa. Mengingat tiap dekade setelah proklamasi kemerdekaan dikumandangkan, bangsa Indonesia masih harus menghadapi berbagai gempuran baik dari luar negeri maupun dalam negeri. Iya, rongrongan kemerdekaan yang terus terjadi membuat bangsa ini harus ekstra kuat menghadapi segala bentuk pelemahan atas sebuah arti kemerdekaan.

Sejarah terus mencatat, walau tidak semua tulisan sejarah adalah benar adanya. Sehingga butuh intelektual di atas rata-rata apabila ingin mempelajari sejarah yang sesungguhnya. Itu pun belum bisa menjamin kebenaran sejarah yang di dapat, karena juga harus memeperhatikan sumber literasi dan sebagainya. Hingga pada titik kesimpulan bahwa sejarah Nusantara khususnya Indonesia masih mengandung misteri yang belum terpecahkan secara sempurna.

Akhir-akhir ini kemerdekaan mendapat ancaman dari sekelompok bangsanya sendiri. Upaya untuk mengganti dasar negara Pancasila dengan salah satu dasar Agama. Tentu tidaklah gampang untuk menghentikan pengkhianatan itu, karena yang dihadapi adalah bangsanya sendiri. Hal itu merupakan ulangan sejarah, mengingat beberapa kali terjadi pemberontakan dengan tujuan yang sama yakni mengganti Pancasila dengan dasar salah satu Agama yang ada di Indonesia.

Propaganda dan berbagai hasutan melalui media elektronik menjadi sarana yang sangat ampuh untuk meracuni generasi bangsa dalam menghancurkan dasar negara. Iming-iming surgawi begitu gencar ditanamkan pada otak-otak generasi muda, sehingga sangat mungkin suatu saat nanti yang menghancurkan Indonesia adalah generasinya sendiri atas nama Agama dan surga.

Bukan salah agamanya, namun agama telah dijadikan sarana untuk meraih kepentingan kelompok tertentu. Hal yang tidak mudah untuk dipahami karena gerakannya akan diperlihatkan nampak suci dan mulia, tapi tetap tujuannya adalah penguasaan atas suatu negeri.

Eling lan Waspada adalah kunci untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Eling bahwa Indonesia adalah bangsa yang Bhinneka Tunggal Eka. Waspada terhadap segala bentuk kreativitas yang disuguhkan baik dari luar maupun dalam negeri yang bertujuan menghancurkan Indonesia melalui seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

MERDEKA