Banyak yang mengatakan bahwa bisnis  itu sulit, tetapi kenyataannya justru banyak orang mencoba suatu bisnis. Jadi sebenarnya yang terjadi adalah bisnis jadi mudah ketika kita tahu karakter dari bisnis yang kita jalankan.

Karena menjalankan sebuah bisnis itu bukan artinya kita tahu semua hal yang berhubungan dengan bisnis tersebut. Tetapi setidaknya kita bisa tahu dan paham karakter dari bisnis tersebut. Dengan kita tahu karakternya maka kita akan tahu bagaimana cara memulainya dengan cara yang benar.  Nah jika kita tahu cara memulaikan dengan cara yang benar, ada kemungkinan kita akan tahu solusi terbaik apa yang seharusnya kita ambil ketika dalam perjalanannya kita mengalami masalah.

Ingat bahwa masalah itu akan datang tanpa kita kehendaki, mereka akan datang sesuka mereka itulah istilah yang terjadi dalam bisnis. Jadi ketika kita sudah siap, kapanpun masalah datang maka kita sudah tahu solusi apa yang akan kita lakukan, itulah yang menjadi jawaban kenapa kita kenal karakter bisnis bisa menjadi satu hal yang bagus untuk menunjang usaha kita.

Apa itu bisnis, dan kenapa kita mesti melakukan aktivitas bisnis sejak dini

Perspektif bisnis sebenarnya bukan selalu yang berhubungan dengan untung rugi. Tetapi sebenarnya esensi dari sebuah bisnis adalah, bagaimana kita bisa meningkatkan value dari sebuah properti atau produk  yang kita miliki. Karena apapun jenis dan  modelnya ketika kita yakin bahwa bisnis tersebut memiliki nilai maka kita akan yakin bahwa bisnis tersebut bisa di kembangkan menjadi sesuatu yang memiliki nilai.

Jadi dengan esensi seperti itu kita akan tahu bahwa sebuah bisnis itu bukan artinya sebuah aktivitas yang sarat akan perhitungan untung rugi. Itu benar, tetapi tidak semua hal seperti itu di katakan bisnis. Karena yang namanya bisnis itu belum tentu berhubungan dengan masalah keuangan. Jadi cobalah untuk mengubah pola pikir kita terkait apa itu sebenarnya esensi dari bisnis.  Ketika kita sudah bisa membedakan esensi dari sebuah bisnis, maka ketika kita benar-benar menjalankan sebuah bisnis kita akan bisa dengan mudah membedakan ini adalah masalah yang tidak terkait dengan uang,  dan ini adalah masalah yang berhubungan dengan uang dan untung rugi.

Baca juga : Jangan Halangi Kesuksesan Bisnis Anda hanya karena belum Berbadan Hukum

Konsistensi itu yang justru menjadi satu hal penting dalam kita menjalankan sebuah bisnis. Karena dengan sikap konsistensi yang kita miliki maka apapun konsep bisnis yang ada dalam benak kita sudah pasti kita akan bisa menjalankannya secara benar sesuai  tujuan akhir yang akan kita capai.

Bagaimana melihat sebuah bisnis jadi mudah & step by step apa  yang mesti di jalankan

Merencanakan sebuah bisnis bisa di mulai dari sesuatu yang kita suka atau minati. Tetapi kesemua itu juga mesti di dukung dengan beberapa hal yang akan membuat bisnis yang kita jalankan menjadi berjalan di track yang benar.  Apa saja itu dan bagaimana step by stepnya ini lah beberapa hal yang mesti jadi perhatian anda :

  1. Pilihlah sebuah bisnis dari aktivitas apa saja yang anda ingin lakukan.

Dengan cara seperti itu maka anda akan bisa menjalankan bisnis dengan cara yang benar, karena sudah di dukung dengan hati. Ibarat kata jika kita berusaha sudah didukung dengan hati maka usaha itu akan kita lakukan sepenuh hati.

  1. Jangan lupa diawal sebelum menjalankan  bisnis bisa di mulai dengan riset

Fungsi riset sebenarnya untuk kita  tahu seperti apa pemetaan dari bisnis yang akan kita jalankan. Dengan begitu kita tidak buta dalam menjalankan bisnis tersebut karena sudah ada data pendukung yang kita miliki.

  1. Coba untuk memulai bisnis dengan menggunakan modal sesuai kebutuhan

Itulah gunanya riset sehingga kita bisa tahu alokasi modal secara benar. Itu akan membantu anda untuk melihat seberapa besar modal yang perlu kita siapkan dalam perjalanan bisnis yang akan kita lakukan.

  1. Jangan membeli properti ( produk) selama belum kita butuhkan.

Jadi lakukan bisnis dengan berbekal properti apa yang tersedia dengan begitu kita akan bisa berjalan dengan minimalis saja. Ketika bisnis sudah berjalan, barulah kita kembangkan dengan membeli peralatan yang bisa menunjang bisnis kita.

  1. Lokasi menjadi salah satu hal yang penting dalam memulai bisnis

Karena ibarat kata, ketika lokasinya sudah menjual maka kita tinggal mempersiapkan strategi untuk memasarkan produknya.

  1. Sosial media bisa anda jadikan tools untuk promosi dan memasarkan produk

Saat ini semua orang sudah memiliki media sosial sehingga ini bisa anda jadikan dasar untuk anda memasarkan dan mempromosikan produk anda secara efektif dan efisien. Karena dengan begitu anda tidak butuh dana promosi di awal bisnis.

  1. Pergunakan modal sesuai kebutuhan adalah cara bijak dalam menggunakan modal.

Ini penting agar kita bisa membagi mana yang prioritas dan bukan, karena  bijaksana dalam menggunakan modal penting dalam kita menjalankan  bisnis.

  1. Cabalah untuk mengajak orang atau saudara yang  terdekat dengan kita

Saudara atau orang dekat biasanya akan lebih mudah mengikuti apa yang ingin kita lakukan. Karena mereka sudah tahu karakter kita.

  1. Bijaksana dalam menggunakan waktu  dalam berbisnis itu penting

Jangan mengabaikan waktu ketika anda sudah mulai berbisnis  karena waktu adalah keuntungan dan kesempatan dan itu juga akan berimbas pada keuntungan.

  1. Jangan lupa untuk berinovasi

Karena bisnis dan inovasi itu dua hal yang tidak bisa di pisahkan. Mereka akan selalu berjalan beriringan, sehingga ketika itu bisa kita jalankan, maka kita sudah maju selangkah dari pebisnis lainnya.

Tidak terlalu sulit untuk mengatakan bisnis jadi mudah jika kita tahu jalannya. Tetapi jika anda masih belum percaya diri, jangan ragu untuk mencoba untuk berdiskusi dengan FR Consutant Indonesia. Sebuah institusi yang akan bisa meyakinkan anda bahwa apa  yang anda lakukan itu adalah benar dan mereka akan bisa menjadi pembimbing anda agar tetap fokus pada  tujuan.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*