Sebuah bisnis akan bisa jalan dengan lancar jika kita bisa mengontrol bisnis tersebut secara benar. Dan salah satu cara untuk mengontrol bisnis adalah dengan menggunakan aplikasi akuntansi yang di jalankan secara benar.

Dahulu mungkin orang lebih kenal istilah akuntansi dengan nama pembukuan.  Dimana proses yang  di lakukan untuk kegiatan  pembukuan cukup rumit karena harus menguasai beberapa bidang ilmu.  Itu mungkin tidak salah, karena pembukuan bisa di katakan dasar untuk memahami akuntansi.  Tetapi apa jadinya jika kondisi waktu itu di terapkan pada saat ini, maka semuanya menjadi kurang efisien.

Saat ini ketika kita sedang menjalankan sebuah bisnis, sudah pasti semuanya harus di jalankan dengan mudah. Bukan mudah artinya asal di jalankan tetapi mudah di sini adalah bagaimana kita bisa menjalankan bisnis secara mudah tetapi benar. Nah untuk mengakomodir itu semua, maka pemahaman dan penggunaan sebuah aplikasi adalah salah satu solusinya.

9 Solusi aplikasi bidang akuntansi bagi sebuah aktivitas bisnis

Perkembangan teknologi di zaman era teknologi saat ini memang telah mengubah cara pandang dan cara lihat pelaku bisnis dalam sebuah aktivitas.  Dimana perkembangan teknologi yang ada akan bisa membuat sebuah bisnis jadi salah satu objek dalam pengembangan teknologi yang di hubungkan dengan kebutuhan para pelaku bisnis.  Itulah kenapa, saat ini teknologi dan bisnis menjadi dua hal yang tidak bisa dipisahkan secara langsung. Karena keduanya akan saling mendukung dan menguatkan satu dengan lainnya.

Teknologi memang telah mengubah dan merubah cara pandang  orang terhadap bisnis. Dimana untuk mewujudkan itu semua kita di  hadapkan pada satu kondisi dimana kita harus memilih dari beberapa aplikasi yang cocok dengan bisnis kita. Karena aplikasi itu hanya sebuah sistem, dimana kendali utama tetap ada di tangan kita sebagai pelaku bisnisnya.

Oleh karena itu, jika saat ini anda memang ingin menggunakan aplikasi berbasis teknologi khususnya dalam bidang akuntansi, maka beberapa hal perlu anda ketahui agar sesuai dengan bisnis yang anda jalankan :

  1. Perhatikan karakter bisnis anda dan spesifikasi produk yang ingin anda  gunakan, sebaiknya memang harus produk yang mendukung aktivitas bisnis anda.
  2. Jangan asal gunakan produk jika anda kurang paham dengan spesifikasi produknya. Tetapi gunakan produk yang memang sudah terbukti kualitasnya dan banyak di gunakan oleh  pebisnis seperti anda.
  3. Cobalah gunakan bantuan pihak yang memang mengerti dan  paham akan aplikasi tersebut, Seperti misalnya menghubungi FP Consultant Indonesia. Dengan core bisnis yang di jalankan sudah pasti mereka tahu mana produk yang tepat untuk bisnis anda.
  4. Beberapa jenis dan contoh produk yang bisa anda pilih seperti : Jurnal.id, Krishand, K-sistem Indonesia, Accurate V3 standar, Myob Accounting, Sage accpac erp, Daceasy Accounting (DEA),   Microsoft Office Excel dan Payroll.
  5. Kesemua jenis dan bentuk aplikasi tersebut memang cukup beragam, tetapi keberadaan produk tersebut di kembangkan berdasarkan kebutuhan. Sehingga ketika anda  ingin menggunakan salah satu dari produk tersebut sebaiknya harus memperhatikan spesifikasi dari produknya di hubungkan dengan karakter bisnis  yang anda jalankan. Agar produk itu benar-benar sesuai dengan kebutuhan bisnis kita.

Baca juga : Jurnal.id Software Akuntansi Gratis

5 Hal penting fungsi dari Aplikasi akuntansi untuk penunjang bisnis anda

Dengan anda tahu apa saja yang mesti di perhatikan sebelum memilih produk aplikasi tersebut, maka anda sudah tahu bagaimana menggunakan produk tersebut secara benar. Karena pada dasarnya aplikasi tersebut jika di gunakan secara benar akan memiliki banyak manfaat yang berguna bagi bisnis anda :

  1. Sebuah aplikasi yang berbasis teknologi pengelolaan masalah keuangan akan bisa menjaga aset dari bisnis  yang anda miliki.  Karena dengan dukungan instrumen yang ada dalam aplikasi tersebut anda akan semakin mudah untuk mengontrol apa yang mesti anda kontrol dari bisnis anda.
  2. Sebuah aplikasi akan bisa di pakai untuk memudahkan anda atau manajemen dari bisnis anda untuk menganalisa banyak hal  yang berhubungan dengan jalannya bisnis yang anda jalankan.
  3. Sebuah aplikasi karena sifatnya teknologi, maka akan menghindari anda dari salah hitung yang biasa  terjadi karena  human eror. Sekalipun demikian, tetap saja aplikasi butuh di kontrol secara berkala.
  4. Sebuah aplikasi akan memberikan anda waktu untuk bisa berhemat, karena kecepatan kerja yang di hasilkan akan membuat anda memiliki banyak waktu untuk melakukan hal lain di luar kontrol masalah keuangan .
  5. Yang  terakhir adalah jika anda bisa gunakan aplikasi secara benar, maka anda sudah bisa merasa yakin bahwa bisnis di jalankan secara profesional walaupun bisnis anda belum sebesar perusahaan yang sudah berbentuk corporate misalnya.

Dengan kita memahami dan mengetahui manfaat dan kegunaan dari sebuah aplikasi, maka kita akan semakin mudah untuk melakukan pengelolaan terkait masalah keuangan yang ada dalam  sebuah bisnis atau usaha.  Sehingga dengan adanya aplikasi tersebut dimanapun dan kapanpun kita sebagai pemilik bisnis ingin tahu performance dari usaha kita, maka dengan mudah kita akan mengetahuinya berdasarkan laporan keuangan yang bisa kita lihat dari aplikasi tersebut.  Itu akan semakin membuat kita semakin di permudah dalam menjalankan sebuah aktivitas bisnis.  Itulah sebabnya, keberadaan aplikasi akan menjadi salah satu tools penting bagi kita atau pelaku bisnis  untuk meningkatkan kualitas dari performance bisnis yang kita jalankan.

Dengan semua penjelasan diatas kita akan semakin yakin bahwa aplikasi akuntansi bukan sekadar alat untuk memudahkan kita mengerjakan pekerjaan pembukuan. Tetapi  ini bisa juga dipakai sebagai media kontrol perusahaan terhadap bisnis  yang sedang kita jalankan.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*