Bagi kamu yang berencana menekuni bidang digital marketing, maka ada berbagai skill atau keahlian yang harus dikuasai. Sebab, kamu tidak dapat menjadi marketing online yang handal jika tidak menguasai skill khusus.

Sehingga, iklan-iklan digital perusahaan yang kamu kelola tidak mendapatkan feedback yang sesuai harapan. Maka tak heran jika produk barang atau jasa yang dikelola tidak memperoleh atensi dari pangsa pasar yang diharapkan.

Akibatnya, produk barang atau jasa tidak laku di pasaran. Dan perusahaan pun harus menanggung kerugian akibat kesalahan strategi dalam membuat campaign iklan digital. Oleh karena itu, peran seorang yang mengelola iklan digital suatu perusahaan ini sangat penting.

Bagi kamu yang akan terjun di bidang pembuatan iklan digital, maka ketahui kemampuan apa yang dibutuhkan. Sebab, berhasil atau tidaknya campaign iklan digital ini tergantung kemampuan seorang marketing online.

Daftar Skill Digital Marketing agar Iklan Mendapat Atensi dari Konsumen

Perlu diketahui bahwa seseorang yang terjun di dunia iklan digital ini tidak mudah. Pasalnya, ada berbagai skill atau keahlian yang wajib dikuasai. Sehingga, iklan digital untuk perusahaan mendapat atensi dari konsumen.

digital-marketing
Skill Digital Marketing

Harapannya, iklan-iklan digital dapat meningkatkan penjualan produk barang dan jasa. Maka tak heran jika kualifikasi staff iklan digital dari perusahaan cukup tinggi. Oleh karena itu, ini dia daftar skill atau keahlian yang wajib dikuasai oleh seorang digital marketing. Salah satunya adalah sebagai berikut :

  1. Memahami Tata Cara Penulisan Konten Artikel

Keahlian pertama adalah memahami tata cara penulisan konten artikel. Kamu harus tahu bagaimana cara membuat konten artikel yang mudah dipahami oleh pembaca. Selain itu, penempatan kata kunci atau keyword juga berpengaruh pada konten artikel.

Jadi, seorang digital marketing tidak hanya dituntut untuk memanajemen konten. Melainkan juga dituntut untuk mampu membuat konten artikel sesuai dengan kaidah SEO.

  • Memahami Konsep SEO

Keahlian kedua yang wajib kamu miliki adalah memahami konsep SEO. SEO atau Search Engine Optimization adalah suatu penulisan konten artikel perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan traffic visitor.

Semakin banyak orang yang melihat konten artikel milik perusahaan, maka semakin tinggi pula peluang produk laku terjual. Untuk itu, kamu harus memahami konsep dasar SEO agar konten artikel berada di halaman pertama mesin pencari Google.

  • Menggunakan Software Analisis Digital Marketing

Keahlian yang ketiga adalah mampu dan sanggup menguasai software iklan marketing online. Salah satu software yang digunakan untuk melakukan analisis iklan digital adalah Google Analytics

Google Analytics ini berfungsi untuk mengetahui sejauh mana atensi pangsa pasar terhadap produk dari perusahaan. Sehingga, kamu dapat menentukan strategi pemasaran produk selanjutnya.

  • Mempelajari Ilmu Baru tentang Dunia Marketing Online

Sebagai seorang digital marketer, kamu dituntut untuk selalu memperbarui ilmu tentang dunia digital marketing. Sebab, perkembangan ilmu di dunia marketing online ini sangat fleksibel. Bahkan, selalu ada pembaharuan ilmu yang harus segera dipelajari.

Maka dari itu, kamu harus memiliki kepekaan untuk belajar tentang materi-materi baru. Dengan begitu, kamu dapat menerapkan ilmu yang telah dipelajari saat melakukan campaign iklan digital produk dari perusahaan.

Apabila kamu tidak melakukan pembaharuan ilmu, maka pengetahuan tentang dunia marketing online akan tertinggal dengan marketer lain. Akibatnya, iklan yang Kamu kelola kurang menarik minat calon konsumen.

  • Menguasai Teknik Digital Marketing Melalui Media Sosial

Keahlian yang kelima adalah menguasai strategi pemasaran melalui media sosial. Ya, beberapa platform media sosial kini menyediakan kanal khusus untuk memasang iklan digital. Diantara sosial media yang menawarkan periklanan diantaranya yakni Instagram Ads, Google Ads, Facebook Ads, hingga Youtube Ads.

Kamu dapat memasang iklan di beberapa platform media sosial yang memiliki interaksi sangat tinggi. Pasalnya, orang-orang Indonesia lebih sering mengakses media sosial jika dibandingkan dengan media konvensional, seperti televisi.

baca juga : 6 Tips supaya Sosial Media bisnis kamu dilirik Konsumen

Akan tetapi, keberhasilan dalam memasang iklan pada media sosial ini tergantung pada konten yang diproduksi. Kamu harus membuat iklan digital untuk menarik minat konsumen agar mereka membaca dan melihat produk yang diiklankan melalui media sosial.

  • Mendengarkan Saran, Kritik, dan Masukan dari Orang Lain

Sebagai seorang digital marketer, kamu harus membiasakan diri untuk menerima saran, kritik, serta masukan dari orang lain. Sebab, saran, kritik, serta masukan yang membangun ini bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam pembuatan konten iklan digital.

Jadi, kamu harus menerima saran, masukan, serta kritik yang membangun dari orang sekitar. Sehingga, diharapkan ada perbaikan dalam pembuatan konten iklan digital marketing. Sehingga, produk dari perusahaan mendapat atensi dari calon konsumen.

  • Menguasai Manajemen Iklan Digital

Keahlian yang ketujuh adalah menguasai manajemen projek iklan digital.  Artinya, digital marketer harus tahu jenis iklan digital apa yang diprediksi mendapat atensi dari konsumen.

Selain itu, seorang digital marketer juga harus memanfaatkan momentum tertentu untuk membuat iklan digital. Sehingga, iklan digital yang diunggah ke media sosial maupun konvensional dapat menjangkau pangsa pasar yang telah tertarget.

  • Membangun Interaksi dengan Calon Konsumen

Dan keahlian digital marketing yang terakhir adalah mampu membangun interaksi dengan calon konsumen. Tugas seorang digital marketer adalah memelihara relasi dengan para calon konsumen. Caranya cukup mudah sekali.

Kamu dituntut untuk selalu responsif terhadap pertanyaan yang dari calon konsumen. Rata-rata, konsumen bertanya pada produk barang atau jasa yang dikelola oleh perusahaan melalui fitur komentar pada beberapa platform media sosial.

Iklan digital menjadi salah satu cara untuk mempromosikan produk barang atau jasa yang dikelola oleh perusahaan. Perusahaan membutuhkan seorang digital marketer handal untuk mengelola iklan melalui media online.

Guna meningkatkan traffic iklan, maka Kamu harus memiliki skill atau keahlian tertentu. Tujuannya agar iklan digital marketing sesuai dengan target pangsa pasar yang telah ditentukan oleh perusahaan.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*