Sepak terjang PKI di Blitar tidak bisa dibilang kecil atau hanya sekelumit saja. Bukti banyaknya kuburan massal serta kisah-kisah tragis pembunuhan dari berbagai pihak sungguh menyayat sanubari. Sementara cerita sebenarnya dibalik tragedi berdarah tersebut masih saja simpang siur. Sebuah era atau dekade gelap yang pernah menyelimuti Bangsa Indonesia, bahkan aura kegelapan itu masih terasa sampai sekarang.

Apa sesungguhnya yang terjadi pada masa yang kemudian terkenal dengan peristiwa G30S/PKI? Semua hanya mampu menguraikan sepenggal demi sepenggal cerita yang menyedihkan hati. Semua hanya bisa mereka-reka atas kumpulan-kumpulan peristiwa berdarah dari berbagai daerah. Selebihnya hanyalah kesimpulan-kesimpulan subyektif untuk menenangkan suasana. Walau buku-buku sejarah telah berusaha menggambarkan kronologi peristiwa tersebut dengan sejelas-jelasnya, namun tidak dipungkiri adanya sesuatu yang masih diliputi misteri. Entah apa dan bagaimana peristiwa yang mengerikan itu terjadi di tanah air Indonesia. Semua masih berupa klaim atas kebenaran masing-masing, dan itu menimbulkan rasa was-was sampai sekarang.

Bagaimanapun kejahatan akan terus ada sepanjang bumi masih mengitari matahari. Dunia adalah tempat dimana manusia sedang menjalani ujian atas kemanusiaannya. Dan kejahatan memang harus ada di muka bumi tapi celakalah yang melakukannya.

Untuk itulah diperlukan aturan antar sesama manusia dengan tujuan untuk menata aktifitas manusia itu sendiri di dunia dengan tujuan yang tidak lain adalah menciptakan kedamaian dalam melakoni hidup sebagai manusia di mana pun berada.

Dan Indonesia sudah punya PANCASILA. Lima Sila sebagai dasar negara yang sempurna untuk membangun bangsa yang cinta damai di hamparan luasnya Bumi Nusantara.

#pancasila

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*