Sewa kantor biasanya dilakukan oleh sebuah startup atau entitas usaha lainnya ketika bisnisnya semakin berkembang. Tujuannya tidak hanya untuk mendapatkan tempat bekerja yang nyaman, tapi juga agar terlihat lebih profesional.

Manfaat tersebut hanya bisa didapatkan jika mereka memiliki tempat bekerja yang layak secara bisnis. Oleh sebab itu, kebutuhan tersebut sangat diperlukan oleh pemilik bisnis sebagai salah satu keputusan strategis mereka.

Manfaat Utama Jika Sewa Kantor bagi Startup

Memiliki ruang kerja sendiri memang mendatangkan banyak manfaat pada pemilik usaha. Terlebih pada perusahaan startup misalnya, Kamu bisa menghemat biaya dan terlihat lebih profesional, memperluas koneksi bisnis, hingga mendapatkan bermacam-macam fasilitas yang disediakan oleh kantor tersebut.

  1. Lebih hemat biaya dengan jangka waktu fleksibel

Dengan sewa kantor kamu bisa menghemat biaya jika dibandingkan menggunakan properti sendiri sebagai ruang kerja. Ketika menyewa sebuah bangunan untuk kantor, tagihan yang dikeluarkan biasanya mencakup biaya kontrak beserta fasilitasnya.

sewa-kantor

Kamu juga bisa mengatur jangka waktu sewanya secara fleksibel sehingga durasinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tagihan yang dijadikan satu juga membuat penyewa lebih tenang karena tidak lagi memikirkan biaya lainnya.

  • Menampilkan kesan sebagai entitas yang profesional

Sewa kantor secara mandiri juga bisa membuat sebuah entitas bisnis terlihat lebih profesional dan meyakinkan. Terlebih jika dilakukan oleh sekelas startup misalnya, hal tersebut dianggap sangat potensial untuk dilirik klien.

Kamu juga bisa membuat calon klien merasa terkesan hanya dengan berbekal alamat kantor baru tersebut. Selain terlihat lebih profesional, mereka juga beranggapan bahwa perusahaan tersebut memang serius untuk memberikan layanannya.

  • Mendapatkan fasilitas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan

Fasilitas merupakan salah satu kebutuhan utama yang perlu diperhatikan ketika menyewa sebuah kantor untuk bekerja. Jika mendapatkan tawaran tersebut dalam perjanjian kontrak, Kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan sehingga lebih hemat.

Pastikan untuk memprioritaskan fasilitas utama seperti meja dan kursi, jaringan internet, serta biaya listrik maupun air. Selebihnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan jika memang ada tambahan fasilitas seperti snack dan sebagainya.

  • Kesempatan untuk memperluas jaringan profesional

Sewa kantor sendiri untuk ditempat bersama tim sangat potensial untuk membuka koneksi secara bisnis. Kamu memiliki peluang untuk bisa bertemu dengan pemilik usaha lainnya dan bertukar kartu nama atau company profil dengan harapan bisa bekerja sama.

Peluang jaringan profesional ini semakin besar jika lokasinya ditempat oleh banyak perusahaan atau startup lainnya. Kamu bisa memanfaatkannya tidak hanya untuk menggaet klien potensial, tapi juga mencari referensi SDM terbaik.

Baca juga : 8 Langkah Tepat Memulai Bisnis!

Tips Sebelum Menyewa Properti Sebagai Kantor

Jika Kamu sedang mencari sebuah kantor di daerah Surabaya, usahakan agar memperhatikan kebutuhan dari masing-masing karyawan. Mulai dari menyesuaikan kebutuhannya dengan tim, aman dari gangguan, serta mudah dijangkau semua orang.

  1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Agar sewa kantor tidak mubadzir atau sia-sia, pastikan spesifikasinya telah sesuai dengan kebutuhan pribadi dan tim. Hal ini sangat penting karena bisa memangkas biaya sewa dalam jumlah yang sangat signifikan.

Sisa biaya kontrak tersebut bisa disimpan sebagai aset atau dialihkan sebagai anggaran untuk membiayai keperluan lainnya. Salah satunya adalah fasilitas tambahan seperti ruang pertemuan, biaya parkir bulanan, dan lain sebagainya.

  • Pastikan bangunan memiliki standar keamanan tersertifikasi

Pastikan juga bahwa bangunan atau ruang yang disewa memiliki keamanan yang tersertifikasi secara resmi. Jaminannya adalah bebas dari gangguan keamanan di sekitar lingkungan, aman dari banjir. hingga ancaman bahaya kebakaran.

Sebelum menandatangani perjanjian sewa kantor, pastikan agar pemilik properti memiliki dokumen keamanan tersertifikasi yang valid. Jangan ragu untuk bertanya mengenai hal tersebut agar urusan ke depannya bisa berjalan dengan lancar.

  • Mudah dijangkau oleh semua orang

Salah satu hal penting lainnya sebelum memilih ruangan kantor adalah memperhatikan lokasinya terlebih dahulu. Usahakan agar tidak memberatkan bagi pribadi maupun tim sehingga lebih mudah dijangkau dengan berbagai moda transportasi.

Pertimbangkan juga ketika sewa kantor agar klien bisa mencapai lokasi dengan cepat dan mudah. Semakin strategis letaknya, tentu mereka akan merasa senang karena waktunya tidak dihabiskan hanya untuk perjalanan saja.

Tipe Kantor yang Sering Disewakan untuk Startup

Ada beberapa tipe ruangan yang bisa Kamu pilih sebagai tempat bekerja bersama dengan tim maupun pribadi. Pilihannya adalah space dengan konsep coworking, private office, serta virtual office yang menjadi favorit.

  1. Properti dengan konsep coworking space

Sewa kantor dengan konsep coworking space sangat menguntungkan dari segi biaya karena harganya sangat terjangkau. Coworking space memungkinkan Kamu untuk bekerja bersama orang-orang dari perusahaan lain secara bebas dan terbuka.

Bebas dan terbuka di sini memiliki artian saling berbagai tempat, dengan tetap berkonsentrasi pada perusahaan masing-masing. Coworking cocok bagi Kamu yang suka berinteraksi dengan orang lain sekaligus menekan biaya sewanya.

  • Private office dengan fasilitas lengkap

Private office atau kantor pribadi tersedia dalam berbagai ukuran untuk tim kecil hingga berjumlah besar. Ruangan tersebut biasanya disediakan sebagai fasilitas kantor bersama dan secara eksklusif disewakan kepada entitas individu.

Sewa kantor kategori ini dibutuhkan jika Kamu membutuhkan privasi atau suasana tenang ketika bekerja. Pemilik properti biasanya menyediakan ruang yang tenang, rahasia dan aman untuk bekerja maupun menyimpan barang-barang pribadi.

  • Virtual office untuk sementara

Virtual office sangat Ideal untuk perusahaan yang beroperasi di lapangan, bertemu dengan klien, atau bekerja dari rumah. Tipe ini dikenal paling terjangkau karena Kamu tidak menyewa ruang kerja yang sebenarnya.

Kamu bisa menyewa ruang virtual untuk bekerja dengan cara berlangganan lewat pembayaran bulanan atau tahunan. Fasilitas yang ditawarkan biasanya telah mencakup penggunaan alamat bisnis, nomor telepon, dan layanan dukungan teknis.

Pertumbuhan pada sebuah bisnis seringkali menjadi sebuah tuntutan, agar sebuah entitas usaha mulai bekerja secara profesional. Salah satunya adalah direalisasikan secara nyata dengan cara sewa kantor pribadi sehingga terlihat meyakinkan.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*