blitarian
Penampilan karya seni di ajang Purnama Seruling Penataran di area Candi Penataran Nglegok Blitar kian menunjukkan kualitasnya. Tidak hanya mampu mengusung citra kesenian lokal blitar, sampai saat ini acara tersebut juga sering kali menampilkan kesenian luar daerah bahkan manca negara.
Acara yang mengusung visi untuk mengobarkan semangat persatuan di bumi nusantara tentunya menjadi kebanggaan baru bagi warga masyarakat Blitar. Dari sekian kali acara yang digelar tiap malam bulan purnama sejak bulan oktober 2010 kemarin nampaknya Dewan Kesenian Kabupaten Blitar sebagai pihak yang punya gawe, terus berbenah dan belajar dari acara demi acara. Selain format penampilan karya seni yang makin beragam latar belakang serta asal muasal kesenian itu sendiri, DKKB juga sudah memperhatikan kelestarian area candi penataran.

Bila dulu acara Purnama Seruling Penataran digelar tepat dihalaman candi induk yang mungkin saja akan timbul kekhawatiran apabila kelestarian batu-batu candi akan terusik oleh para penonton, pada acara bulan ke tujuh tahun 2011 ini seluruh rangkaian acara Purnama Seruling Penataran di gelar di halaman candi sisi barat dekat dengan pintu masuk. Setidaknya sudah ada upaya dari pihak penyelenggara untuk ikut bertanggung jawab atas kelestarian candi dan semua itu patut mendapat acungan jempol.

Tapi bagaimana pun juga, acara yang telah dicetuskan DKKB berikut upaya-upaya menjaga kelestarian candi penataran tentunya tidak cukup, oleh karena itu siapapun yang hadir baik sebagai panitia, pengisi acara, serta penonton memang wajib dan harus ikut bertanggung jawab menjaga candi penataran dari berbagai bentuk kerusakan sekecil apapun juga. Sehingga tujuan dan niat diadakan acara Purnama Seruling Penataran benar-benar dapat dicapai. Lagi-lagi kita wujudkan Blitar sebagai kota kecil yang damai dan berbudaya luhur.

DKKB telah menunjukkan upayanya untuk bertindak sebagaimana mestinya, pada kenyataannya masyarakat Blitar terdiri dari banyak elemen, tidak semua elemen masyarakat Blitar dapat menikmati seni dalam arti memahami seni itu sendiri karena satu dan lain hal, karena itulah, saatnya bagi masyarakat lainnya juga bersemangat untuk ikut membangun Blitar di bidang masing-masing.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*