grebeg pancasila
Setelah pada malam harinya mengadakan renungan hari lahirnya Pancasila, pada pagi harinya yakni tanggal 1 Juni acara Grebeg Pancasila dilanjutkan. Berpusat di aloon-aloon Kota Blitar, segala perlengkapan kirab mulai dipersiapkan. Pasukan merah putih, Marchingband, tumpeng raksasa, pelajar dengan bermacam-macam atribut pancasilais, barisan warga perwakilan masing-masing kelurahan dengan aksi seni tradisionalnya, pemuda-pemuda dengan atraksi barongsai serta seni hadrah dan masih banyak lagi lainnya.
grebeg pancasila
Grebeg Pancasila menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat Kota Blitar, selain sebagai unjuk kebolehan seni budaya, acara itu juga membawa pesan-pesan moral akan pentingnya memahami nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila untuk kemudian diterapkan ke dalam kehidupan sehari-hari sebagai makhluk sosial. Sehingga tercipta kerukunan yang mencerminkan persatuan dan kesatuan bangsa menuju masyarakat yang adil dan makmur.

Penyelenggaraan Grebeg Pancasila tersebut tentunya sangat membantu masyarakat dalam menjaga kewaspadaan terhadap isu-isu yang menyangkut rongrongan ideologi Pancasila pada dewasa ini. Apa yang sudah bagus tersebut bukan tidak mungkin untuk terus ditingkatkan kualitasnya, selain untuk media komunikasi budaya masyarakat Blitar tidak menutup kemungkinan dapat menarik hati para wisatawan. Terlebih lagi Blitar juga memiliki potensi pariwisata yang tidak kalah cantiknya dengan daerah lain. Sehingga event Grebeg Pancasila akan membawa banyak manfaat bagi masyarakat Blitar selain sebagai peringatan resmi Hari Lahirnya Pancasila.

foto by Reza Blitarian

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*