Candi Gambar Wetan Blitar

Candi Gambar Wetan berada di desa Gambar Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar, disinyalir candi yang dibangun pada masa Kerajaan Majapahit sebagai tempat pemujaan dan peristirahatan Hayam Wuruk dikala berkunjung ke Blitar. Candi tersebut berada di utara Candi Penataran tepatnya 20 meter sebelum masuk gapura ke area Candi Penataran dari timur ada pertigaan silahkan memilih jalan arah ke kanan selanjutnya tinggal mengikuti jalan tersebut sampai pada pemukiman penduduk.

Karena belum ada jalan umum ke Candi gambar Wetan sebaiknya tidak perlu malu untuk bertanya paga warga sekitar perihal lokasi Candi tersebut. Sampai saat ini kondisi jalan memang belum memungkinkan dilalui dengan mobil. Kalaupun menggunakan mobil hanya sampai pada pintu masuk area Perkebunan. Selanjutnya harus jalan kaki sekitar 2 Km. Jadi sebaiknya menggunakan sepeda motor, besar kemungkinan bisa sampai pada lokasi Candi Gambar Wetan.

Konon cerita yang termuat pada relief Candi Gambar Wetan yang sekarang banyak yang raib karena ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab, mengisahkan tentang Putri Calon Arang. Model candi yang bertingkat-tingkat pada bukit kecil sangat indah untuk dinikmati pemandangannya. Dari lokasi candi dapat melihat pucuk Gunung Kelud serta dibawahnya juga nampak alur sungai yang merupakan jalur lahar ketika Gunung Kelud memuntahkan berbagai cairan dari dalam perutnya.

Kondisi candi Gambar Wetan cukup bersih dan terawat oleh penjaga candi, tapi sayang memang sangat sepi dari pengunjung. Tidak ada salahnya bila sekali-kali menyempatkan diri untuk melihat Candi Gambar Wetan dari dekat.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*