Wisata Bukit Lengkeh Blitar

Gunung Pegat, sebuah nama bukit yang disematkan oleh warga Blitar pada gundukan tanah dan batu yang membentuk sebuah bukit di kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Kemudian bukit tersebut lebih kondang disebut Gunung Pegat mungkin salah satu dasarnya adalah perwujudan bukit yang menderet dari timur ke barat yang sekaligus menjadi tapal batas antara wilayah kecamatan Srengat dengan wilayah kecamatan Ponggok tersebut terdapat belahan yang memisahkan bukit itu menjadi dua bagian, sehingga sangat wajar apabila kemudian disebutnya Gunung Pegat alias Gunung (baca: bukit) yang di “pegat” maksudnya adalah bukit yang terbelah menjadi dua bagian dimana belahan dari bukit tersebut dapat dijadikan sarana transportasi atau jalan penghubung antar desa dari dua kecamatan yang berbeda, yakni kecamatan Srengat dan kecamatan Ponggok.


Seiring geliat upaya mempercantik wajah Blitar di beberapa titik atau spot Gunung Pegat juga telah dimulai pembangunan tempat wisata. Salah satunya adalah Wisata Bukit Lengkeh. Kata Lengkeh juga anonim dari kata belahan. Wisata Bukit Lengkeh merupakan trip yang boleh di bilang baru dari beberapa obyek wisata lainnya di Gunung Pegat dan sekitarnya. Saat ini Wisata Bukit Lengkeh terus dipercantik oleh warga sekitar dengan hanya mengandalkan biaya yang diperoleh dari hasil parkir para pengunjung.


Wisata Bukit Lengkeh ini berada persis ditengah-tengah “pegatan” atau belahan Gunung Pegat. Jadi masih berada di wilayah Desa Kawedusan Kecamatan Ponggok. Lokasinya sangat mudah dijangkau baik dari Blitar maupun dari Kediri dan Tulungagung. Apabila sudah sampai pasar Srengat yang merupakan titik teramai di wilayah Srengat maka di sebelah utara dari pasar Srengat itu sudah nampak begitu jelas keberadaan Gunung Pegat. Selanjutnya tinggal mengikuti jalan yang mengarah pada Gunung Pegat sisi timur. Disanalah lokasi Wisata Bukit Lengkeh berada.

Wisata Paralayang G. Pegat - Ponggok - Blitar by Anwar Fuuddin (dok: Anwar Fuuddin @ youtube.com )

Meski belum permanen namun kehadiran komunitas pecinta Paralayang di puncak bukit lengkeh menambah semarak suasana wisata dilokasi tersebut. Bila beruntung saat anda berkunjung ke lokasi bukit lengkeh maka akan dapat menikmati atraksi Paralayang yang menghiasi langit Bukit Lengkeh.

Walau hanya sebuah bukit, namun untuk bisa sampai dipuncak bukit Lengkeh perlu tenaga tambahan, untuk itu pula di sekitar gapura masuk lokasi wisata sudah berderet warung-warung yang menyediakan aneka makanan dan minuman.


Meskipun belum sempurna tapi tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu mengunjungi lokasi wisata bukit lengkeh. Selain akan dapat pemandangan alam yang menyejukkan dada juga sekaligus menyumbang dana pembangunan lokasi wisata dari biaya parkir kendaraan kita.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*