Whatsapp saat ini sudah menjadi salah satu tools penting bagi perusahaan dan pelaku bisnis. Karena sistem ini cukup menarik dan bisa memberikan banyak solusi. Namun kesemua itu akan bisa efektif jika di dukung admin whatsapp yang bisa bekerja secara optimal.

Dengan melihat pesatnya perkembangan teknologi yang ada di Indonesia, itulah salah satu kondisi yang pada akhirnya mengubah whatsapp yang awalnya hanya sekadar media komunikasi. Saat ini whatsapp bisa menjadi salah satu tools penting bagi perusahaan dalam meningkatkan kualitas komunikasi dan service kepada klien dan mitra bisnis perusahaan. Terlebih dengan hadirnya whatsapp business dan pengembangan program whatsapp lainnya. Menjadikan media sosial ini cukup penting dalam menunjang sistem komunikasi dalam perusahaan. Tidak berlebihan memang jika di katakan bahwa whatsapp saat ini jadi salah satu faktor pendukung perusahaan atau pelaku bisnis dalam melakukan aktivitas dan komunikasi bisnisnya.

Terjadinya peningkatan penggunaan whatsapp di sektor bisnis dan industri, karena saat ini keberadaan whatsapp sudah berubah dari yang awalnya hanya di pakai untuk sekadar media komunikasi semata. Tetapi kini keberadaannya sudah bisa di jadikan tools  untuk menunjang beberapa aktivitas perusahaan dari mulai aktivitas di bidang promosi, marketing communication hingga berfungsi untuk mendukung divisi customer service.

Beberapa kondisi yang membuat whatsapp jadi media efektifnya perusahaan

Sebagai sebuah media yang awalnya hanya  untuk sekadar media komunikasi dan menjalin networking untuk pertemanan. Kini bisa dikatakan justru whatsapp bertransformasi menjadi salah satu media penting dalam menunjang bisnis dari para pelaku bisnis dan industri.  Setidaknya dari beberapa kondisi berikut kita bisa katakan bahwa whatsapp memang cukup mendapat tempat di hati pelaku bisnis dan industri yang ada di Indonesia.

  1. Whatsapp saat ini dengan pengembangan fitur-fiturnya sudah  bisa menjadi media paling efektif untuk menunjang komunikasi bisnis yang berhubungan dengan divisi sales dan marketing.  Terlebih dengan adanya whatsapp business, maka pengembangannya sudah semakin pesat dengan adanya beberapa kolaborasi sistem seperti whatsapp CRM.
  2. Whatsapp saat ini menjadi salah satu media promosi yang efektif, karena dengan kelengkapan fiturnya, maka  promosi menggunakan whatsapp justru lebih cepat mendapatkan respon. Hal itu bisa di lakukan karena adanya komunikasi yang efektif bisa di jalankan antara admin yang memegang whatsapp dengan konsumen yang di tujunya.
  3. Whatsapp saat ini bisa di optimalkan sebagai media untuk menunjang divisi customer service.  Hal itu bisa terlihat dari beberapa inovasi yang di lakukan seperti penggunaan akun otomatis untuk memberikan penjelasan kepada customer atau calon klien perusahaan.

Dengan adanya beberapa kelebihan ini yang pada akhirnya membuat fungsi whatsapp khususnya untuk industri dan bisnis menjadi semakin kuat posisinya.  Hanya memang kesemua itu tidak akan bisa berjalan lancar jika semua divisi yang ada dalam satu perusahaan atau bisnis tidak bersatu padu dalam menunjang  kelancaran bisnisnya.

Ambil contoh misalnya, sebagai sebuah media yang membantu dalam operasional customer service. Maka dengan adanya sistem komunikasi by whatsapp maka divisi lain harus bisa segera memfollowup komunikasi yang   telah di lakukan dengan menggunakan jawaban whatsapp secara otomatis atau menggunakan robot penjawab.

Baca juga : Apa Itu Jasa Admin Sosmed?

7 Fitur dalam Whatsapp yang bersifat Rahasia dan Menarik untuk pelaku Bisnis

Kita tentunya sudah tahu bahwa whatsapp business memang memiliki beberapa fungsi yang sudah cukup berkembang dibandingkan whatsapp regular yang umum di gunakan. Setidaknya dari beberapa fungsi  yang selama ini ada, maka whatsapp memiliki fitur yang akan bisa melakukan tugas seperti melakukan automasi, menseleksi hingga membalas pesan yang masuk ke perusahaan dengan cara yang cepat dan tepat. Nah fitur-fitur itulah yang harus juga di pahami oleh admin whatsapp.

Tetapi menariknya fungsi yang bisa di berikan oleh whatsapp, masih saja ada yang mungkin belum tahu bahwa sebenarnya whatsapp memiliki 7 fitur rahasia. Dimana fitur-fitur tersebut  mampu menjadikan peran whatsapp dalam sebuah bisnis semakin menarik  untuk di gunakan :

  1. Keuntungan whatsapp dengan fitur yang bersifat rahasia adalah bisa secara otomatis akan menghapus pesan yang telah di kirimkan. Hal itu  menarik, jika di gunakan dalam satu kondisi yang tepat. Sehingga kita akan merasa aman bahwa pesan yang kita kirim akan hilang secara otomatis karena syarat dan ketentuan yang telah di buat.
  2. Keunggulan whatsapp dengan salah satu fitur rahasianya,  bisa membuat custome notifikasi untuk chat-chat yang memang dirasa khusus atau penting bagi perusahaan.
  3. Keunggulan lain dari whatsapp adalah, dia dengan salah satu fiturnya bisa menjadi penanda dari sebuah pesan yang telah di kirimkan.  Dengan kondisi seperti itu, maka akan memudahkan bagi kita untuk melakukan reminder terhadap satu pesan  yang penting.
  4. Keunggulan dari whatsapp adalah bahwa sebenarnya percakapan atau chat bisnis yang kita lakukan bisa di lakukan untuk di eksport. Hal itu untuk menghindari adanya kehilangan data, dan juga dengan adanya fitur tersebut akan semakin membuat whatsapp media paling tahu apa yang bisnis ketahui.
  5. Kemudahan lainnya adalah adanya report, salah satunya adalah kontak yang paling sering kita hubungi. Dengan kondisi seperti itu maka kita menjadi  tahu seperti dan bagaimana sebaiknya kita sebagai perusahaan memperlakukan klien-klien yang respect dan loyal  kepada perusahaan.
  6. Kemudian salah satu fitur pentingnya yang jarang orang tahu adalah, bahwa fitur tersebut bisa di pakai untuk melakukan penghematan dari kuota atau memori HP anda. Dengan cara demikian maka cost operasional yang berhubungan dengan komunikasi bisa di cegah.
  7. Yang terakhir fitur yang menarik adalah, ketika kita sebagai pemilik  akun whatsapp ingin agar centang biru yang menunjukkan sudah di baca di buat tidak terlihat ( bukan hilang). Dengan kondisi seperti itu membuat kini ibaratnya dengan menggunakan whatsapp apalagi whatsapp business. Maka semua hal yang berhubungan dengan promosi dan komunikasi menjadi lebih mudah dan lebih cepat.

Itulah salah satu terobosan penting dari keberadaan media berbasis teknologi seperti whatsapp.  Tetapi memang ini hanya sebuah alat komunikasi, jika perusahaan ingin mengoptimalkan fitur dari whatsapp tersebut terlebih jika itu di gunakan untuk bisnis.  Maka dahulukan informasi yang perlu admin whatsapp ketahui dan pahami.

Dengan cara seperti itu, maka anda sebagai perusahaan akan bisa menghemat biaya komunikasi dan promosi dari sebelum adanya penggunaan whatsapp business.  Jika masih belum merasa yakin dengan informasi yang anda butuhkan bisa juga berdiskusi dengan FR Consultant Indonesia agar anda lebih mantap dalam mengambil keputusan.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*