Melasti di Blitar

Ritual Melasti merupakan rangkaian dari ritual umat Hindu menjelang perayaan Hari Raya Nyepi. Selama ini ritual Melasti terkenal diselenggarakan di Bali sebagai center umat Hindu Indonesia. Namun di Blitar sebenarnya secara rutin juga sudah digelar di Pantai Jolosutro Kabupaten Blitar. Ritula Melasti sebagi penyucian diri agar seluruh umat Hindu diberi kekuatan lahir dan batin oleh Sang Hyang Widhi dalam melaksanakan tapa brata atau menahan nafsu duniawi. Dalam ritual Melasti pelaksanaannya menggunakan air sebagai simbol penyucian diri.

Setelah seluruh rangkaian acara ritual dilaksanakan, kemudian ada acara larung sesaji sebagai persembahan simbol kebulatan tekad untuk mensucikan diri dari segala bentuk dan niat serta nafsu angkara murka.

Di Blitar ketika ritual Melasti diselenggarakan di pantai Jolosutro seperti kemarin pada tanggal 17 maret 2012, nampak sekali nuansa ritual yang khusyuk penuh makna spiritualis. Hadir pula bapak Bupati Blitar sebagai tamu kehormatan diantara seluruh umat Hindu Blitar yang turut serta ke pantai Jolosutro.

Sungguh pada saat itu Blitar layaknya pulau Dewata penuh kedamaian. (foto by WB. Wilapa)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*