Purnama Seruling Penataran [PSP] merupakan event kesenian yang menghembuskan semangat kenusantaraan gagasan dari Dewan Kesenian Kabupaten Blitar. Selain menampilkan kesenian lokal, DKKB yang saat ini di ketuai Wima Bramantya juga menghadirkan kesenian-kesenian manca negara, tentu saja tidak ketinggalan berbagai karya seni seniman-seniman nusantara.

PSP sudah berlangsung sejak tahun 2010 di area Candi Penataran, Nglegok, Blitar. Dulunya PSP diselenggarakan setiap bulan purnama namun pada tahun ini PSP sudah mulai memperhatikan kwalitas dan efisiensi pagelaran dengan jadwal pertunjukan yang sudah ditata ulang, artinya tidak setiap bulan sekali. Untuk mengetahui jadwal PSP bisa dilihat melalui web resminya.

Penampilan PSP pada 3 Juli 2012 kemarin sudah banyak mengalami peningkatan, utamanya format pertunjukan seni serta antisipasi pengunjung agar tidak sampai merusak Candi Penataran.

Pertama, Panitia penyelenggara menarik tiket masuk Rp. 5000,- pada setiap pengunjung yang mau melihat langsung PSP. Sedikit banyak itu akan menyeleksi pengunjung yang memang serius mau menonton atau apakah hanya iseng sekedar masuk lokasi Candi.

Kedua, Panitia Penyelenggara juga sudah memberi pagar pembatas antara area pagelaran PSP dengan area utama Candi Penataran. Tentu itu adalah upaya bagus DKKB dalam melestarikan Candi Penataran dikala PSP digelar disana.

Semoga DKKB tidak pernah lelah untuk terus berbenah dan memajukan Blitar sekaligus melestarikan seni dan budaya yang ada di Nusantara.

By admin

One thought on “Gebyar Purnama Seruling Penataran 2012”
  1. Menuju lestari, semoga perjalanan lancar. Saya bangga dengan even yang dikelola Dewan Kesenian Blitar ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*