Anthony Fokker adalah seorang pioneer di dunia penerbangan

Anton Herman Gerard Fokker dilahirkan di Blitar, 6 April 1890 anak dari Herman Fokker seorang pegawai perkebunan kopi milik belanda di daerah Nglegok Blitar. Seperti ayahnya, dia tidak pernah sekolah khusus hanya hobinya bermain-main dengan mesin pesawat dan mesin uap, bahkan dia tidak tamat Sekolah Menengah Atas

 

 

Pada tahun 1910, di usia 20 tahun ia dikirim ayahnya ke Jerman untuk ditraining sebagai mechanic. Kemudian ia tertarik pada dunia penerbangan sehingga mengembalikan dia kebangku sekolah. Pada tahun tersebut Tony membuat pesawat terbang pertamanya dengan nama “de Dpin” (“The Spider”).

 

Pada tahun 1912 Fokker pindah ke Johannisthal dekat Berlin dan disitulah dia mendirikan perusahaan pertamanya Fokker Aeroplanbau. Kemudian ia memindahkan perusahaannya ke Schwerin dan berganti nama menjadi Fokker Flugzeugwerke GmbH, dan kemudian di singkat menjadi Fokker Werke GmbH.

Saat serangan perang dunia I, pemerintah Jerman mengambil alih perusahaan tersebut dan Fokker dijadikan sebagai direktur dan bertugas merancang beberapa pesawat terbang untuk Imperial German Army Air Service (Luftstreitkräfte), termasuk yang di tangannya menjadi terkenal adalah Manfred von Richthofen (Red Baron). Ia juga mendesain synchronization gear yang membuat senapan mesin dapat ditembakkan melalui sayap propeller, hasilnya telah terbukti pada perang tersebut jerman sangat superior di udara berkat sumbangsih dari Fokker. Secara keseluruhan perusahaanya telah mengirim sekitar 700 pesawat militer ke German air force.Setelah perang dunia I selesai pada tahun 1919 ia  kembali ke Belanda dan mendirikan sebuah perusahaan pesawat terbang yaitu Nederlandse Vliegtuigenfabriek (Dutch Aircraft Factory)

Pada tahun 1922 ia pindah ke Amerika Serikat dan menjadi warga Negara USA. Disana dia mengembangkan kantor cabang perusahaannya Atlantic Aircraft Corporation di tahun 1927. Ia meninggal di New York pada tahun 1939 pada usia 49 tahun akibat menderita komplikasi sinusitis

sumber: Wikipedia

By admin

3 thoughts on “Anthony Fokker”
  1. Bagaimana ya biar saya bisa seperti dia, saya ingin tau banyak ttg mesin2 pesawat, tapi tidak tau harus kemana menyalurkan keinginan ini, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*