Air Terjun Sirahkencong 2019

blitarian.com. Adalah sebuah grojokan alias air terjun yang terletak di area perkebunan milik PTPN XII sebuah Badan Usaha Milik Negara yang mengelola Perkebunan Teh Sirahkencong Ngadirenggo Wlingi Kabupaten Blitar. Sampai saat ini terus dilakukan pembenahan agar makin nyaman untuk dikunjungi. Pembabatan pohon liar di sekitar grojokan dan juga perapihan jalan setapak menuju air terjun. Bahkan dikanan-kiri jalur setapak juga dibuatkan taman-taman untuk istirahat sekaligus menghirup udara segar.

Untuk lokasi tepatnya silahkan digoogling. Ada dua jalur untuk sampai di grojokan tersebut, bisa lewat Desa Semen Kecamatan Gandusari dan juga bisa lewat Jl. Mastrip Kawedanan Kota Wlingi. Bila penasaran silahkan dicoba keduanya, tapi kami anjurkan bila gak ingin capek silahkan pilih jalur Wlingi, cari Jl. Mastrip, ikuti terus jalan itu, selesai. Saat tulisan ini kami turunkan, kondisi jalan sudah oke, motor dan mobil bebas hambatan, kecuali ada Luwak nyeberang jalan mohon jangan ditabrak ya, kasihan, mereka sedang cari makan atau sekedar jalan-jalan cari angin juga hehe

Lokasi Air Terjun Sirahkencong sekarang aksesnya sudah lumayan gampang untuk dikunjungi apalagi sambil menggelar acara-acara keluarga, gathering, meeting (sederhana), nyepi, semedi, atau sekedar melepas jenuh akan rutinitas sehari-hari. Di sekitar lokasi juga sudah banyak warung sederhana, atau kalau memang kantong kering bisa makan pucuk daun teh dan minum air grojokan haha..guyon ya.

Selain air dan udara yang sueger, Perkebunan Sirahkencong juga bisa jadi spot-spot foto landscape bagi yang hobi fotografi. Bagi yang pecinta sejarah, di lokasi perkebunan tersebut juga ada peninggalan para leluhur berupa candi. Terus bagi yang gak punya hobi apa-apa tidak ada salahnya mencoba berkunjung dan siapa tahu sepulang dari lokasi jadi punya hobi baru, entah hobi main bola, main biola, atau hobi mancing setelah melihat ikan-ikan di air terjun itu, mungkin juga jadi punya hobi panjat pohon teh, lumayan buat persiapan lomba panjat pinang agustusan dst.

Bagi yang hobi semedi atau sekedar nyepi sendiri disamping grojokan tersebut ada goa yang lumayan lembab nan adem untuk duduk bersila. Tapi sebaiknya bawalah bekal kalo mau menginap di goa, minimal bawa panci buat masak air, kali aja butuh wedang kopi. Airnya sudah tersedia di bawah grojokan, buanyak!

Melihat perkembangan jaman yang terus merangkak maju, dibeberapa lokasi sekitar perkebunan teh itu sudah mulai dibangun usaha peternakan, sapi perah kalau gak salah. Otomatis tidak menutup kemungkinan nantinya akan ada investor lain yang juga membangun berbagai jenis usaha, entah pabrik biting, atau bahkan pabrik minuman keras, es batu maksudnya. Karena selain area yang masih luas, bahan bakunya melimpah.

Atas nama kemajuan-kemajuan itulah kadang mengandung konsekuensi atas lenyapnya lokasi-lokasi perawan alias alami, karena nantinya tentu banyak yang berburu daerah-daerah perawan untuk memuaskan bisnisnya.

Nah sebelum Sirahkencong menjadi panas oleh karena berbagai sebab, tidak ada salahnya mencicipi kesejukan udara pegunungan Sirahkencong sejak dini, tapi ya gak usah rame-rame biar keasrian Sirahkencong tahan lama.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*