A Zu Kopi Mania ?

Pagi temans…
Sudah ngopi hari ini? Riset mengungkapkan bahwa minum kopi setidaknya 2 cangkir per hari baik untuk kesehatan jantung kita. Waktu minum kopi yang disarankan adalah jam 9 – 17. Karena bagi sebagian orang minum kopi di malam hari bisa menyebabkan susah tidur kecuali sing sensor e wis doll, masio ngombe kopi sak gelas jumbo yo tetep wae ngantuk terus turu.

Dikalangan masyarakat kita banyak yang meyakini sampe sudah seperti sugesti kalau minum kopi murni bisa bikin perut perih, kepala nggliyeng/pusing dst. Padahal mengkonsumsi kopi murni itu jauh lebih baik karena terbuat dari bahan-bahan alami yang mana tubuh lebih mudah mencernanya di bandingkan kopi instan dengan caffein buatan, flavor/perasa kopi buatan.

Kenapa ada kopi instant? Karena industri melihat segment pasar yang mengguntungkan. Kopi instan di produksi masal dengan harga jual yang murah sehingga terjangkau banyak kalangan. Sebungkus harganya sekitar seribuan. Bandingkan dengan harga bijih kopi kelas yang biasa di pasar tradisional berkisar 40 ribuan per kg. Atau sekarang banyak cafe-cafe dengan menu bermacam-macam kopi murni dari berbagai daerah nusantara dengan harga minimal 15 ribu bahkan 50 ribu rupiah per cangkirnya. Kopi luak malah luwih larang neh…

Kopi instant terbuat dari tepung jagung, gandum atau tepung apalah sebagai pengotor ( ben ketok ireng) yang nantinya jadi ampas atau cethe yang lalu ditambahkan flavor perasa kopi, (kalo ibu-ibu yang biasa bikin kue tahunya essense coklat, kopi, blewah, melon dst), Di tambah lagi caffein buatan sebagai zat doping yang bikin kita kuat melek dan badan serasa fit, masih dikasih lagi campuran minyak nabati biar keliatan agak berminyak, (sebagai tiruan kopi murni kalau di sangrai mengeluarkan minyak) minyak nabati tersebut terbuat dari kopra putih sehingga rasanya agak gurih-gurih piye ngono. Tapi jangan takut, pemerintah telah mengatur batas-batas atau kadar zat aditif tersebu sehingga aman dikonsumsi.

Effek dari meminum kopi instant dalam jangka waktu yag lama akan menimbulkan hipertensi, ganguan pencernakan seperti magh, iritasi lambung, kecanduan kaffein yang klo belum minum kopi serasa kepala berat, pening bahkan gemetaran ato tremor dll. Karena zat-zat aditif buatan yang sulit di cerna oleh tubuh tadi menumpuk menjadi racun dalam tubuh.

Sebaiknya biasakan minum kopi hitam biasa, Meski kopi tersebut terbuat dari bijih kopi sekilo yg di campuri beras atau jagung sekilo dengan proses sangrai tradisional itu lebih baik karena semua terbuat dari bahan alami dari alam.

Tapi Itu semua adalah pilihan…
Silahkan, ora usah eker2an.
Iki nek ora konco dewe ora tak omongi. Tapi gak usah di viral kan. Di woco oleh, ra diwoco hp utowo laptop e langsung di buang jangan..

Oleh: Kimung

1 Response

  1. windujati says:

    suwun pak kimung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*