Pertapan Dewi Kili Suci

pertapan kilisuci 4Mengintip petilasan Pertapan (tempat bertapa) Dewi Kili Suci di puncak Gunung Pegat di Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar memang gampang-gampang susah. Gampangnya, lokasi tergolong mudah dikunjungi karena hanya berada di puncak sebuah bukit meskipun masyarakat setempat menamakannya Gunung Pegat. Susahnya, hampir tidak ada papan petunjuk arah lokasi pertapan Dewi Kili Suci, jadi harus sering bertanya pada penduduk setempat.

Di Goa Selomangleng Kediri juga terdapat Pertapan Dewi Kili Suci, sementara di Tulungagung juga terdapat Goa dengan nama yang sama yakni Goa Selomangleng. Entah hanya kebetulan atau memang ada unusr kesengajaan untuk memberikan nama-nama yang serupa, atau bahkan memang dahulu tempat-tempat tersebut benar-benar menjadi tempat dan lokasi sebagaimana yang dijelaskan oleh para ahli sejarah dalam buku-buku sejarah.

Disinyalir nama Dewi Kili Suci sendiri merupakan nama lain dari Sanggramawijaya Tunggadewi  Putri sulung Prabu Erlangga jaman kerajaan Kahuripan yang merupakan kelanjutan Kerajaan Medang era Mpu Shindok setelah boyongan dari Jawa Tengah ke Jawa Timur. Tentunya dahulu tidak ada Jawa Tengah dan Jawa Timur yang ada ya hanya jawa, jadi kemanapun Kerajaan Medang boyongan atau pindah lokasi tidak menjadikan persoalan karena masih dalam satu wilayah kekuasaan Medang.

Sanggramawijaya Tunggadewi yang seharusnya dinobatkan menjadi Raja atau Ratu untuk menggantikan ayahandanya namun memilih untuk hidup sebagai pertapa yang kemudian bergelar Dewi Kili Suci. Sehingga yang melanjutkan duduk di singgasana kerajaan adalah adik Sanggramawijaya Tunggadewi yakni Sri Samarawijaya Dharmasuparnawahana Teguh Uttunggadewa. Mungkin itu sekelumit cerita sejarah yang dapat kami sampaikan.

pertapan kilisuci

 Puing-puing Petilasan Pertapan Dewi Kili Suci

pertapan kilisuci 2Untuk sampai ke lokasi Pertapan Dewi Kili Suci di puncak Gunung Pegat bisa ditempuh melalui jalur dari Desa Bagelen Kecamatan Srengat. Tepatnya di sebelah timur pasar Srengat. Sebetulnya begitu masuk Srengat kita sudah dapat melihat wujud Gunung Pegat, tinggal mencari jalur atau jalan ke arah Gunung tersebut. Pertapan Dewi Kili Suci berada di sisi timur dari serangkaian deretan bukit (gunung) Pegat. Untuk lebih mudahnya kita dapat bertanya jalur ke Pertapan setelah sampai di Desa Bagelen bahkan bisa bertanya langsung pada masyarakat di sekitar Pasar Srengat.

pertapan kilisuci 5

Balai/Paseban Pertapan Dewi Kili Suci

Pada saat kami tuturkan ini, kondisi petilasan Pertapan Dewi Kili Suci sudah cukup terawat, meskipun bila musim penghujan lumut-lumut menggerayangi batu-batu andesitnya. Dilokasi pertapan juga dilengkapi dengan balai atau paseban yang cukup kokoh. Siapapun yang berkunjung maka memiliki kewajiban untuk menjaga kebersihan, menjaga diri dari perbuatan usil semisal corat-coret pada benda-benda yang ada di pertapan dan juga menjaga etika agar tidak terjadi hal-hal yang tidak dinginkan sesudah berkunjung ke pertapan Dewi Kili Suci.

Salam Lestari Blitar Indonesia.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*