Categorized | BERITA, Opini

IWAKISASI 2013

Posted on 24 March 2013 by admin

iwakisasi bBertempat di bendungan Ngusri Gandusari Blitar, program IWAKISASI I (pertama) atau penebaran bibit iwak (ikan) di seluruh perairan kota/kabupaten Blitar telah kami lakukan pada Minggu 24 Maret 2013. Program IWAKISASI adalah penebaran bibit ikan untuk memanfaatkan volume air anugerah Tuhan di wilayah Blitar. Untuk IWAKISASI I kami telah  menebar bibit ikan Nila sejumlah 2013 ekor. Untuk selanjutnya kami akan terus berburu (membeli untuk kemudian ditebarkan) bibit ikan lokal mulai dari Tawes, Bader, Jendel, Lele, Gurami, Nila, Mujair dan segala jenis ikan yang mungkin bisa hidup diperairan tawar wilayah Blitar.

iwakisasi c
IWAKISASI merupakan bentuk syukur kita kepada Tuhan atas kemurahannya melimpahkan air tawar diseluruh pelosok wilayah Blitar. Apalagi di Blitar terdapat banyak sungai dan bendungan serta telaga yang sangat memungkinkan untuk implementasi program IWAKISASI. Program ini murni untuk mengoptimalkan air bagi kehidupan masyarakat Blitar. Dengan melimpahnya air disusul dengan melimpahnya ikan mudah-mudahan dapat membantu masyarakat dalam hal mencukupi kebutuhan pangan khususnya ikan air tawar. Tentu saja juga dapat menarik wisatawan yang hobi memancing ikan dengan syarat semua elemen masyarakat juga membantu menjaga dan memelihara kelangsungan program IWAKISASI sehingga seluruh genangan air di Blitar dapat menghasilkan ikan.

iwakisasi e
Masyarakat yang sehari-hari bermatapencaharian menangkap ikan juga akan terbantu, sementara tidak menutup kemungkinan seluruh rakyat Blitar akan terpenuhi kebutuhannya terhadap konsumsi ikan sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kandungan gizi ikan kaya akan manfaat bagi tubuh manusia karena merupakan sumber protein. Selain itu ternyata ikan juga mengandung berbagai zat yang sangat berguna bagi kesehatan. Kandungan zat gizi yang terdapat pada ikan segar antara lain :
- Omega 3 untuk proses perkembangan otak janin dan syaraf
- Asam amino untuk merangsal pertumbuhan sel otak
- Vitamin A untuk mencegah kebutaan
- Vitamin D untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang
- Vitamin B12 untuk pembentukan sel darah merah
- Zat Besi, Yodium, Selenium, Seng, Fluor dan sebagainya

Maka dengan digulirkannya program IWAKISASI ini setidaknya dapatlah membantu sekaligus mengoptimalkan fungsi air tawar bagi kehidupan masyarakt Blitar dan sekitarnya. Namun kami juga sangat menyadari akan adanya berbagai kendala, utamanya cara penangkapan ikan liar dengan berbagai macam racun/putas, setrum, dan sejenisnya. Tapi kami yakin lambat laun bila kita semua peduli dan bahu membahu mewujudkan Blitar menuju swadaya ikan niscaya dengan rahmat-Nya akan bisa tercapai.

iwakisasi d1
Untuk selanjutnya, program IWAKISASI bukan berarti harus kami (blitarian crew) yang selalu melaksanakan. Siapa pun bisa menyelenggarakan IWAKISASI baik perorangan atau kelompok, bahkan masyarakat sekitar sungai, bendungan, telaga dapat melakukannya secara mandiri seperti yang kami lakukan dari hasil iuran sukarela dalam hal pengadaan bibit ikannya. Untuk selanjutnya silahkan diambil hasilnya untuk memenuhi kebutuhan makan masing-masing tanpa kecuali. Dalam hal ini BLITARIAN tiada secuil pun maksud untuk mengambil keuntungan dari hasil IWAKISASI. Karena begitulah wujud cinta kami pada Blitar tanah tumpah darah kita semua.

@ Ngusri Gandusari Blitar

Leave a Reply

Domain Murah ZdomainZ